Aisyah Sani Buka Jambore Duta Sanitasi

sigerus
0
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri, Ny Hj Aisyah Sani membuka secara resmi jambore Duta Sanitasi Kepulauan Riau di Bintan Argo, Bintan, Senin (3/6). Jambore yang diikuti pelajar SMP se-Kepri tersebut sekaligus lomba poster dan karya tulis tentang sanitasi lingkungan dan air minum.

Kepala Dinas PU Provinsi Kepri selaku panitia, Heru Sukmoro menyampaikan, melalui agenda Duta Sanitasi dan Air Minum ini, peserta dari kalangan pelajar bisa mengaplikasikan ilmunya dalam hidup bermasyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Diharapkan anak-anak dapat menyampaikan pesan mengenai harapan lingkungan terbaik. Dalam upaya perubahan prilaku sanitasi masyarakat di kota dan desa.

“Pemerintah bangga dengan anak-anak Kepri yang ikut serta dalam pemilihan duta sanitasi dan air minum ini. Pemenang jambore dengan tema Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum sekarang akan mengikuti ke tingkat nasional, di Jakarta,” ujar Heru.

Ketua tim penggerak PKK Provinsi Kepri, Aisyah Sani, mengatakan, sanitasi dan kebersihan merupakan kunci keberlangsungan hidup dan pertumbuhan anak.

Sanitasi vital untuk kesehatan dan berkontribusi positif pada pembangunan sosial, mengurangi penyakit, meningkatkan gizi anak, meningkatkan daya tangkap anak sekolah dan menjaga kebugaran tubuh melalui pola hidup sehat.

Aisyah berharap, melalui jambore dan lomba ini pelajar bisa memahami arti penting sanitasi dan terjun langsung dalam menjaga kebersihan diri, toilet, pengelolaan air minum dan air limbah guna antisipasi penyebaran bakteri.

Pembukaan jambore duta sanitasi dihadiri istri Wakil Menteri Perdagangan RI, Yayi Bayu Krisnamukti, istri Wakil Menteri Perhubungan Ny Lusi Bambang, Wakil Bupati Bintan Khazalik, Ketua PKK Bintan Dewi Kumalasari Ansar, Ketua PKK Tanjungpinang Weni Lis Darmansyah, Ketua Dharma Wanita Kepri Ny Hj Nani Nofiar Suhajar.

Ny Lusi Bambang memberikan penyuluhan tentang Gerakan Indonesia Berserri. Lusi menggambarkan bagaimana gerakan ini mulai berdiri yang dipelopori SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) atas prakarsa Ibu Negara Ani Yudhoyono. Sementara, Ny Yayi Bayu Krisnamukti berpesan tentang menciptakan Indonesia Berseri, agar masyarakat makin peduli dengan lingkungannya.

Sehingga lingkungan tetap bersih, tanpa sampah dan nyaman. Justru itu, pelajar diminta terus menunjukkan kemampuannya guna membantu perubahan prilaku ke arah hidup sehat.

Duta Sanitasi Kepri dalam beberapa tahun terakhir meraig prestasi di level nasional. Duta Sanitasi Kepri 2010 Novi Asti Larasati mendapat Juara Favorit dan mendapat beasiswa dari Dirjen Cipta Karya.

Duta Sanitasi 2011 Aisyah Amieni meraih Juara 2 Lomba Poster Tingkat Nasional dan Duta Sanitasi 2012 Ellen Emanuele mendapat Juara Harapan 2 Karya Tulis SIKIP pada Lomba Sanitasi Nasional 2012. Dari prestasi tersebut, Duta Sanitasi Kepri tahun ini bisa meraih prestasi terbaik dalam Jambore Sanitasi Nasional 2013.

Usai pembukaan, Ny Hj Aisyah Sani, Yayi Bayu Krisnamukhti, Lusi Bambang dan tim penggerak PKK Bintan meninjau lingkungan SMP Negeri 17 Toapaya, SMP Negeri 5 Kawal dan SD Negeri 002 Tuapaya. (fre)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)