SATKER PPLP MALUKU SELEKSI DUTA SANITASI PROVINSI TAHUN 2013

sigerus
0
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bapak Ir. Ismail Usemahu, MT. membuka kegiatan Jambore Sanitasi provinsi Maluku yang berlangsung selama 3 hari di Swiss Bell Hotel Ambon, 3-5 Juni 2013 (Rabu 3/6).

Jambore ini diikuti oleh 100 peserta siswa tingkat pertama dari 10 kab/Kota di Maluku. Dari jumlah t
ersebut akan dipilih 6 Duta Sanitasi yang bertindak sebagai juru kampanye tingkat provinsi. Para peserta akan mengikuti kegiatan lomba karya tulis dan poster dan puncaknya adalah pemilihan Duta Sanitasi Provinsi Maluku Tahun 2013.

Ismail Usemahu mengatakan, “anak-anak merupakan segmen masyarakat yang paling terkena dampak dari buruknya sanitasi, serta merupakan kelompok yang memiliki potensi menjadi agen perubahan dalam masalah sanitasi. Maka pendidikan plp sejak dini menjadi sangat penting yaitu bagi siswa-siswa smp”. Ia menambahkan, kondisi sanitasi yang tidak mema
dai ini dapat menyebabkan pencemaran dan berakibat buruknya pada kualitas air. Buruknya kualitas air tersebut merupakan sumber penyakit, Hal ini, menurut beliau, memberikan pengaruh negatif terhadap kondisi kesehatan dan ekonomi Indonesia.

Pembukaan Jambore ini dihadiri perwakilan SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) Ibu Gusnawirta Fasli Djalal didampingi Kasi Pembinaan Kelembagaan Subdit Pengaturan dan Pembinaan Kelembagaan Direktorat PPLP Ibu Susi MDS Simanjuntak, Dharma Wanita Persatuan Provinsi Maluku, Dharma Wanita Dinas Pekerjaan Umum Maluku, PKK Provinsi Maluku, PKK Kota Ambon

Dalam sambutannya ibu Gusnawirta Fasli Djalal menyampaikan “kondisi lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia masih relatif tertinggal dibandingkan negara berkembang lainnya. Dalam rangka mengejar ketertinggalan tersebut, berbagai upaya terus dilakukan. Pada tahun 2012, Presiden SBY telah mencanangkan “Gerakan Indonesia Berserri” (GIB), yang dilaksanakan secara nasional untuk mewujudkan Indonesia yang Bersih, Sehat, Ramah lingkungan, Rapi, dan Indah”.

Pada hari yang sama Ibu Gusnawirta Fasli Djalal juga berkenan melakukan kunjungan ke SDN 2 Ambon dan SMPN 6 Ambon guna mencanangkan “Gerakan Indonesia BerSeRRi” yang bertujuan untuk menanamkan budaya ‘bersih itu sehat’kepada anak-anak sebagai agen perubahansejak dari usia dini dan dimulai dari lingkungan sekolah. Kedatangan Ibu Gusnawirta Fasli Djalal selaku perwakilan SIKIB ini disambut meriah oleh para siswa- siswi SDN 2 Ambon dan SMPN 6 Ambon dengan tarian khas Maluku. (ia.pplp)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)