Pemilihan Duta Sanitasi Tingkat SMP se DKI Jakarta 2013

sigerus
0
Jakarta, Mewakili Kepala Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PPLP) Jabodetabek Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya Reza sebagai panitia penyelenggara mengatakan pemilihan duta sanitasi diikuti oleh siswa-siswi SMP se DKI Jakarta. Mereka secara berjenjang sudah mengikuti seleksi pada tingkat sekolah. Hal ini disampaikannya dalam acara Pemilihan Duta Sanitasi Tingkat SMP se DKI Jakarta 2013 bertema "Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum" di Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (28/4/13). Reza mengatakan ada 102 peserta yang terdiri dari 51 orang peserta lomba karya tulis dan penyuluhan kesanitasian serta 51 orang peserta lomba karya poster dan penyuluhan kesanitasian. Mereka berasal dari SMP negeri dan swasta dari 5 kota (Jakarta Barat, Timur, Utara, Selatan dan Jakarta Pusat)

Akibat keterbatasan inilah, menurut Reza masyarakat pun masih terbatas melakukan sanitasi lingkungan. Sebelumnya selama 1 hari (20/4/13) para calon duta sanitasi sudah mendapatkan bekal dan pembinaan tentang sanitasi di Gd. SDA Kementerian PU, Jakarta. Para siswa SMP ini nantinya diharapkan menjadi tenaga untuk menjelaskan tentang sanitasi. Mereka yang terpilih nantinya akan ikut dalam jambore sanitasi tingkat nasional yang akan diadakan di Ancol, Jakarta.

Anak merupakan penggerak paling potensial dalam upaya merubah perilaku. Maka dengan melibatkan anak dalam mengubah perilaku masyarakat, untuk peduli terhadap sanitasi dan kebersihan, secara otomatis dapat memberikan rangsangan pengaruh kepada lingkungannya. “Melalui kegiatan ini, anak-anak kita ini merupakan agen sanitasi yang membantu mempercepat target yang kita canangkan bersama soal sanitasi,”

Demikian dikemukakan Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PPLP) Kementerian PU Djoko Mursito pada acara Jambore Sanitasi 2013 Tingkat Provinsi DKI Jakarta sekaligus membuka acara lomba poster dan karya tulis tingkat SMP se DKI Jakarta. (/sigerus)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)