PEMILIHAN DUTA SANITASI 2016

sigerus
0
KUALA KAPUAS. - Jambore Sanitasi dan Duta Sanitasi kembali digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Ir H Muhajirin MP didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova SH, Kamis (31/3) Sore

Jambore Sanitasi dan Duta Sanitasi Kabupaten Kapuas Tahun 2016 tersebut berlangsung selama dua hari sejak Rabu (30/3) diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan menantang bagi pelajar tingkat SMP/MTs berupa lomba karya tulis yang diikuti oleh 22 orang peserta dan poster yang di ikuti 23 orang peserta.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kapuas menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Kapuas tidak dapat hadir karena sedang dalam tugas luar. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat bagus karena dilakukan setiap tahun “kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk merubah sikap mental kita untuk menyadari betapa pentingnya kebersihan, karena kebersihan adalah pangkal dari kesehatan” ungkapnya.

Masih ditempat yang sama ia juga meminta agar kegiatan tersebut tidak hanya menjadi seromonial tetapi perlu adanya duta-duta disetiap sekolah sebagai duta sanitasi serta duta antinarkoba. “Kebersihan tidak bisa hanya dibebankan kepada Pemerintah atau suatu Instansi tetapi hal tersebut adalah tanggung jawab setiap orang untuk menjaga kebersihan” lanjutnya.

Sebelumnya disampaikan oleh Kepala Dinas PU Noverman bahwa kegiatan tersebut merupakan persiapan untuk menghadapi Duta Sanitasi tingkat Provinsi yang akan dilakukan pada bulan Juni mendatang. Ia juga menyampaikan sesuai pesan Bapak Bupati untuk Duta Sanitasi Tahun 2015 sudah dilakukan pelatihan kepada enam orang Duta Sanitasi sebelumnya.

Selanjutnya disampaikan sambutan Ketua TP PKK kabupaten Kapuas yang mana pada kesempatan tersebut sambutan di bacakan oleh Sekertaris TP PKK Evelyn Rianova. Ia menyampaikan Jambore dan Seleksi Duta sanitasi adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak-anak untuk memberikan rangsangan terhadap seluruh aspek seperti penanaman nilai dasar, sikap disiplin dan mandiri serta pengembangan kemampuan berbahasa dan bersosial dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga berharap agar kegiatan tersebut dapat terus berlanjut pada masa-masa yang akan datang dan untuk seluruh peserta agar tetap semangat karena kalah menang bukan menjadi tujuan utama.

Adapun hasil penilaian Tim Juri yang diketuai oleh Mustofa dari BLH, Drs Haris Fadillah MPd dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas dan Sri Hayati SSi Ketua PWI Kabupaten Kapuas yang menilai sebanyak 45 orang peserta tersebut pada lompa karya tulis.

Keluar sebagai juara pertama Emanuela Marchellina dari SMPN 1 Selat, juara dua atas nama Karina Aprilia dari SMPN 3 Selat, dan juara tiga Dewi Suci Amalia dari SMPNN 3 Selat sedangkan untuk lomba poster dimenangkan oleh juara pertama Elma Norlita dari SMPN 3 Selat, Juara kedua Rayhusin dari SMPN 1 Selat dan Juara tiga Yeniva Revi Indriyani dari SMPN 3 Selat yang mana nasing-masing juara mendapatkan hadiah berupa tropi piagam dan uang tunai serta dinobatkan sebagai Duta Sanitasi 2016. (HumasPro)

sumber : http://kapuaskab.go.id

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)