Karatagan Sanitasi, Rempug Gawe Pikeun Jawa Barat

sigerus
0
Sigerus 06 September 2013.  Rangkaian Program Kampanye Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dengan judul Karatagan Sanitasi, Rempug Gawe Pikeun Jawa Barat, merupakan komitmen Jawa Barat dalam peningkatan akses sanitasi. Acara ini dilaksanakan di Saung Anglung Mang Udjo, Bandung (5/9) dan digelar dengan menampilkan seni angklung Udjo dan kilas singkat perjalanan Jawa Barat dalam meningkatkan akses sanitasi serta diwarnai juga dengan pameran foto-foto “Potret Sanitasi Jawa Barat”  dan Ilustrasi “Kang Hebring “. Acara Karatagan Sanitasi menghadirkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, para kepala daerah di seluruh Jawa Barat, tokoh masyarakat/ mitra penggerak sanitasi juga duta sanitasi Provinsi Jawa Barat tahun 2013.

Salah satu strategi kampanye perubahan perilaku melalui media tradisional atau kebudayaan yaitu kesenian daerah bisa berperan untuk mengangkat kesadaran di masyarakat tentang isu sanitasi dan kesehatan lingkungan. Penyam paian pesan dan ajakan melalui kebudayaan ini diharapkan mempengaruhi kesadaran dan wacana masyarakat mengenai Sanitasi Sehat, khususnya di Jawa Barat.

Demi memperbaiki perilaku masyarakat Jabar, pemerintah provinsi Jabar mendeklarasikan Sanitasi sehat Jawa Barat. Menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, kegiatan deklarasi tersebut tujuannya adalah membuat lingkungan di Jabar menjadi sehat dan juga berharap bisa mengubah perilaku masyarakat Jabar yang masih membuang sampah sembarangan, BAB sembarangan. ” Sanitasi tidak semata diarahkan pada sarana fisik berupa pembangunan jamban sehat. Tapi juga harus didorong kesadaran masyarakat untuk berperilaku higienis,” katanya.

Karatagan Sanitasi juga menampilkan Duta Sanitasi 2013 Fany Luthfiana Yusra dari SMPN 2 Kota Bandung membacakan hasil karya tulisnya didepan Gubernur dan para undangan lainnya. Hasil karya tulis menceritakan cerita rakyat jawa barat yaitu 7 bidadari dari kayangnan yang ingin mandi di sungai. “sungai-sungai di jawa barat sudah tercemar dari limbah dan sampah .... “ katanya.

Dalam acara tersebut gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menanda tangani deklarasikan Program Kampanye “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM” yang di dampingi para kepala daerah diseluruh Jawa Barat. (sigerus)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)