Djokir : Saya Bangga dengan Para Duta Sanitasi

sigerus
0
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto bangga dengan peran para duta-duta sanitasi dalam memkampanyekan pentingnya sanitasi kepada masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Djoko Kirmanto dalam wawancara dengan Majalah Sindo tentang pelaksanaan Jambore Sanitasi di Ruang Menteri PU, Kamis (13/6). Mendampingi Menteri PU dalam wawancara tersebut, Kasubdit Data dan Informasi Dit. Bina Program, Kasubdit Pengaturan dan Pembinaan Kelembagaan Dit. PPLP dan Kabag TU Menteri.

Menurut Djoko, ketika melakukan kunjungan ke lapangan, ia selalu mencari duta sanitasi provinsi daerah tersebut. Ia lalu bertanya kepada para duta sanitasi apa saja yang telah dilakukan para Duta Sanitasi selama ini.

"Ternyata banyak yang mereka lakukan, ada melakukan penyuluhan 3R, penyuluhan hidup bersih, bahkan ada juga duta sanitasi yang diminta menjadi penyuluh di sekolah lain," kata Djoko.

Djoko berharap, pelaksanaan Jambore Sanitasi 2013 kali ini dapat mencetak lebih banyak lagi duta-duta sanitasi Indonesia. Para duta ini diharapkan dapat menjadi agen informasi baik tentang teknologi sanitasi dan juga mengajarkan cara hidup bersih dan sehat.

"Jika anak-anak ini aktif terus melakukan penyuluhan, maka saya yakin Indonesia bersih bisa cepat tercapai," tambah Djoko.

Jambore Sanitasi 2013 ini adalah pelaksanaan jambore yang ke-6 sejak tahun 2008. Jambore Sanitasi sudah menciptakan sebanyak 680 duta sanitasi dan air minum dari siswa di
tingkat SMP. Dari 680 duta tersebut, sekitar 82 % sudah menerapkan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) di sekolahnya masing-masing. Sekitar 70 % sudah mengampanyekan ke sekolah-sekolah lain. Sebanyak 48 % sudah ke tingkat kota dan kabupaten dan sebanyak 40 persen telah diwawancarai oleh sejumlah media. (dvt)

sumber : http://www.pu.go.id

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)