Nurul Azizah dan Sinda Agatha Duta Sanitasi Kalteng 2013

sigerus
0
Jambore Sanitasi 2013 yang diikuti sekitar 126 siswa/siswi SMP dari 11 Kabupaten/Kota se Kalteng itu terlah usai, dan dinobatkan sebagai Duta Sanitasi 2013 adalah, Nurul Azizah dari SMP MTsN 1 Model Palangka Raya dan Sinda Agatha dari SMP Santa Maria Buntok, Barito Selatan.

PALANGKA RAYA – Kegiatan Jambore Sanitasi Kalteng 2013 yang berlangsung sejak 13-16 Mei 2013 telah berakhir dan secara resmi ditutup oleh Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang yang diwakili Drs Henky, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Kalteng di J’s Kicthen & Lounge Lantai II Kalawa Waterpark Palangka Raya, Rabu (15/5) malam.

Kegiatan Jambore Sanitasi 2013 bertemakan Bersama Kita Peduli, Sanitasi dan Air Minum dengan subtema persampahan: Ayo Lakukan 3R, kemudian Air Limbah: MCK,Sehat, Kita Sehat dan Drainase: Ayo Kita Jaga, Simpan dan Alirkan Air, antara lain berupa Lomba Poster dan Karya Tulis.

Pada penutupan kegiatan yang dirangkaikan dengan penampilan kesenian, setelah melalui seleksi ketat tim juri, berhasil keluar sebagai pemenang, untuk Lomba Poster 2013 Juara I diraih Nurul Azizah dari SMP MTsN 1 Model Palangka Raya, dengan total nilai akhir 733,99, kemudian Juara II adalah Lamya dari SMPN 2 Palangka Raya total nilai 719,88, dan Juara III adalah Nur Safitri dari Kotawaringin Timur dengan nilai 690,19.

Sedangkan untuk Harapan I adalah, Khairunnisa Maharani dari Kotawaringin Timur dengan nilai 680,55, Harapan II adalah Aljo Leonardo dari Barito Selatan nilai 675,15, Harapan III adalah Jeremia Riadi dari Kapuas nilai 670,87 dan Harapan IV adalah Zunedi Atmanegara dari Barito Selatan total nilai 659,90.

Adapun untuk Lomba Karya Tulis 2013, Juara I adalah Sinda Agatha dari SMP Santa Maria Buntok dengan total nilai akhir 336,45, kemudian Juara II adalah Ruth Vanessa G.S dari SMP Katolik Santo Paulus Kapuas dengan nilai 327,74, Juata III adalah Hafidzani H.W dari SMPN 1 Sukamara dengan nilai 327,27.

Sementara untuk Harapan I adalah Najminta Ismiawan dari MTsN 1 Model Palangka Raya dengan nilai 320,53, Harapan II adalah Maria Stefi Rosaria dari SMP Santa Maria Buntok dengan nilai 320.20, Harapan III adalah Astry Weny dari SMP Kristen kasongan dengan nilai 318,95 dan Harapan IV adalah Dian Anggraeni dari SMP 3 Arut Selatan, Kobar dengan nilai 311,04. Bagi pemenang Juara I,II dan III dari Lomba Poster dan Karya Tulis, sebagaimana dikemukakan Kepala Satker PLP PU Kalteng, Ir.Irbar P.Senaboa MT, akan mewakili Provinsi Kalteng pada kegiatan Jambore Sanitasi Tingkat Nasional 2013 yang dijadwalkan diselenggarakan Juni 2013 mendatang di Jakarta.

Gubernur Kalteng diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintakan, Drs Henky ketika menutup kegiatan meminta bagi peserta lomba baik yang menang maupun yang tidak menang untuk tetap berkarya melalui bakatnya masing-masing untuk menyampaikan pesan bahwa Menjaga Sanitasi itu Sangat Penting untuk Masa Mendatang.

Selain itu diharapkan, ilmu yang telah diperoleh dari kegiatan Sosialisasi Sanitasi dan Sosialisasi Pilah Sampah yang telah diikuti dapat memberikan wawasan baru dan pradigma baru untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam acara yang dihadiri Kepala Dinas PU Kalteng, Ir Leonard S.Ampung, MT itu, Gubernur juga berpesan kepada semua pihak agar tetap memelihara kebersihan lingkungan baik air, udara maupun tanah, karena segmen masyarakat yang paling terkena dampak dari buruknya sanitasi adalah anak-anak dan dampat tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan dan tumbuh kembang anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)