Jambore Sanitasi 2013 Tingkatkan Kepedulian Sanitasi

sigerus
0
Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan menggelar Jambore Sanitasi 2013 pada 24-30 Juni 2013 mendatang. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan persampahan, air limbah, dan drainase.

Dalam temu wartawan, Kamis (30/5) Direktur Jenderal Cipta Karya Imam S. Ernawi mengatakan, jambore sanitasi diikuti 198 duta sanitasi provinsi dan 66 pendamping dari 33 provinsi. Jambore tersebut telah lima kali dilaksanakan sejak Tahun 2008.

Jambore Sanitasi dilaksanakan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mendorong percepatan pencapaian MDGs 2015. Jambore Sanitasi merupakan kegiatan community outreach untuk meningkatkan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat terhadap sanitasi.

“Sejak 2008, Jambore Sanitasi sudah menciptakan sebanyak 680 duta sanitasi dan air minum dari siswa di tingkat SMP. Dari 680 duta tersebut, sekitar 82 % sudah menerapkan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) di sekolahnya masing-masing. Sekitar 70 % sudah mengampanyekan ke sekolah-sekolah lain. Sebanyak 48 % sudah ke tingkat kota dan kabupaten dan sebanyak 40 persen telah diwawancarai oleh sejumlah media,” jelas Imam S Ernawi.

Rangkaian kegiatan Jambore Sanitasi 2013 akan diisi dengan Workshop dan Talkshow, Pengukuhan Duta Sanitasi Nasional sekaligus Silaturahmi dengan Ibu Negara serta kunjungan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan lain yakni Gema Indonesia yang melibatkan 1.750 anak SD dari Jakarta dan sekitarnya.

Adapun slogan Jambore Sanitasi 2013 adalah “Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum.” Logo dan tema disesuaikan untuk mendukung hari air internasional. Untuk mendukung kampanye perubahan perilaku yang berkaitan dengan sanitasi juga akan dilaksanakan Media Writing Contest dengan tema “Peduli Sanitasi dan Air Minum Untuk Mewujudkan Permukiman Layak Huni.”

sumber : pu.go.id (ind) Pusat Komunikasi Publik

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)