Gerakan Pungut Sampah Duta Sanitasi Bengkulu 2016

sigerus
0
Duta Sanitasi Provinsi Bengkulu 2016 sekaligus Duta Sanitasi Kabupaten Lebong2016, yaitu Nanda Yuniar dan Duta Sanitasi Kabupaten Lebong 2016, yaitu Abi Daniela, Sarah Nadia, Ratu Qeisya, Desti Sia Mita, Yolan Erlanda, dan Zahra Ade beserta pengurus osis dan anggota KIR SMPN 01 Lebong Utara mengadakan kegiatan aksi nyata sanitasi, yaitu kegiatan “Gerakan Pungut Sampah ( GPS )”.

GPS merupakan salah satu progam kerja dari Duta Sanitasi Provinsi Bengkulu sekaligus Duta Sanitasi Kabupaten Lebong, yaitu Nanda Yuniar yang disertai oleh Duta Sanitasi Kabupaten Lebong. GPS juga merupakan wujud aksi nyata sanitasi SMPN 01 Lebong Utara, yang dilakukan dengan memungut sampah-sampah yang ada di lingkungan SMPN 01 Lebong Utara. Selain memungut sampah, para siswa juga memilah sampah anorganik maupun organik. Pada kegitan ini terdapat beberapa pos yaitu pos organik dan anorganik.

Para siswa dibentuk kelompok berdasarkan jenis sampah, dan wajib menyetorkan sampah sampah tersebut ke setiap pos sesuai dengan jenis sampah yang telah ditentukan sebelumnya. Duta Sanitasi pun turut serta dalam kelompok sekaligus memantau kegiatan agar berjalan lancar. Sampah anorganik, seperti plastik, kemasan minuman, dan lainnya dikumpulkan dalam kotak sampah kuning dan kotak sampah yang diberi label anorganik, dimana sampah sampah anorganik tersebut akan dijual ataupun didaur ulang menjadi barang yang lebih berguna. Sedangkan untuk sampah organik, seperti sisa makanan, dedaunan, dan lainnya dikumpulkan dalam kotak sampah hijau dan kotak sampah yang diberi label organik. Sampah organik tersebut dikomposkan untuk dijadikan pupuk kompos dalam sebuah lubang yang telah disiapkan, dan beberapa bulan kemudian, sampah-sampah organik itu akan menjadi pupuk kompos siap pakai.

Dengan demikian sampah yang tadinya dianggap tidak berguna, apabila ditangani secara baik dan benar, maka akan bermanfaat dan berguna bagi kehidupan juga dapat mengurangi pencemaran sampah-sampah yang dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup. Setelah kegitan tersebut, para siswa dapat mendukung kegiatan aksi nyata sanitasi melalui kegiatan GPS ( Gerakan Pungut Sampah ) dengan bertanda tangan pada spanduk yang telah disediakan oleh Duta Sanitasi yaitu Kain GEDAS SPENSA LEBRA ( Kain Gerakan Dukung Aksi Sanitasi SMPN 01 Lebong Utara ). Tidak hanya para siswa seluruh warga sekolah juga turut serta dan mendukung kegiatan ini dengan bertanda tangan pada Kain GEDAS SPENSA LEBRA. Seluruh warga sekolah SMPN 01 LEBONG UTARA sangat antusias dan gembira dengan diadakannya kegiatan ini.

Melalui kegiatan ini , maka akan meningkatkan kedisiplinan dan kepedulian untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungann. Kegatan ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah. Karena dengan langkah kecil nan sederhana maka akan dapat merubah dunia menjadi dunia yang lebih baik, yaitu dunia bebas sampah. Duta Sanitasi akan terus melakukan kegiatan positif untuk mendukung sanitasi layak .Menebarkan virus virus sanitasi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sanitasi. Dengan langkah kecil nan sederhana, ayo kita merubah dunia menjadi lebih baik.

Sanitasi Bersih Dan Sehat, Dari Kita Kembali Ke Kita !

Pengirim Artikel :
Novi Tyara Agnesty

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)