Penggugah Semangat Duta Sanitasi Untuk Bersama-sama Meningkatkan Sarana Sanitasi Layak

sigerus
0
Duka dan kehilangan mendalam pejuang air minum dan sanitasi Indonesia rasakan atas berpulangnya pak NUGROHO TRI UTOMO (54 Tahun). Direktur Perkotaan, Perumahan dan Permukiman Bappenas, hari ini, Jumat (24/6/2016) yang sekaligus juga Ketua Pokja AMPL Nasional menghembuskan napas yang terakhir. Nugroho tutup usia pada pukul 4.30 WIB. 

Siapa yang tidak kenal Bapak Nugroho, beliau selalu hadir setiap tahunnya dalam kegiatan Jambore Sanitasi. Inilah petikan kata-kata beliau buat para Duta Sanitasi diantaranya :

“ Meskipun setiap tahun diundang acara ini, saya tidak pernah bosan, Mengapa??? Saya selalu melihat wajah-wajah baru dengan semangat yang menggebu-gebu. Semangat generasi muda yang siap melakukan perubahan..”, ujar Nugroho kepada para Duta Sanitasi.

 “ Jika sebelumnya RPJMN kita targetnya mengarah kepada pencapaian MDGs, maka untuk RPJMN 2015-2019, target pembangunan sanitasi adalah pemenuhan 100% akses universal”

" Apa itu akses universal?yaitu sarana kebutuhan dasar yang harus dimiliki oleh setiap rakyat Indonesia. Salah satunya adalah sarana sanitasi ..” papar Nugroho.

Sambil menyuguhkan data mengenai kondisi sanitasi di Indonesia dibandingkan dengan negara lain yang masih jauh tertinggal, Nugroho menggugah semangat para Dusan untuk bersama-sama meningkatkan sarana sanitasi layak dan mendukung pencapaian akses universal 2019.

“Bagaimana cara kalian mendukung?yakni dengan aktif mengajak masyarakat untuk lebih peduli sanitasi, menyadarkan mereka agar menjaga lingkungan, menjaga kebersihan sarana toilet, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain-lain”

“Bisa dimulai dari diri sendiri dulu untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, lalu tularkan kebiasaan baik ini kepada keluarga, teman-teman sekolah, tetangga sebelah, warga komplek, dst.”

“Memang tidak mudah mencapai target akses universal ini, namun dengan tekad dan upaya yang kuat, kita mampu meraihnya. Diperlukan dukungan dari seluruh masyarakat, dan tentunya dukungan dari para agen perubahan seperti kalian. Satu agen mengadvokasi 500.000 orang, kira-kira kalian sanggup tidak?sanggup tidak..?”

“Sanggguuuuuppp!!”, seru para Duta Sanitasi menjawab pertanyaan Nugroho dengan semangat. “Luar biasa! terima kasih ya, Adik-Adik….saya bangga dengan kalian” sahut Nugroho.

Itulah kutipan-kutipan saat pak Nugroho memberikan arahan pada kegiatan Jambore Sanitasi 2014 kepada para Duta Sanitasi, kiranya segala karya juang dalam bidang sanitasi dan semangat memberi yang terbaik bagi kemaslahatan umat menjadi amal ibadah di hadapan Allah SWT. Selamat jalan, pak Nugroho. (SGRS)

Sumber : pokja AMPL (www.ampl.or.id)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)