Peletakkan Batu Pertama Sanimas di Provinsi Gorontalo

sigerus
0

Gorontalo - Rombongan SIKIB yang dipimpin langsung Ketua I SIKIB Okke Hatta Radjasa itu, berkunjung ke Provinsi Gorontalo Utara ( Rabu, 22/05/13).  Rombongan diterima Bupati Gorontalo Utara, (22/05/13) Indra Yasin beserta jajarannya.  Ketua I SIKIB Okke Hatta Radjasa pada kunjungannya mengatakan, innovasi pengembangan potensi daerah seperti olahan pangan berbahan dasar komiditi  unggulan, bisa menjadi sarana memperkenalkan daerah itu secara luas.

Saat menyampaikan sambutannya pada peresmian Rumah Pintar (Rumpin) Mandiri Molingkopoto, Kecamatan Kwandang, Kab. Gorontalo Utara, Okke mengatakan, SIKIB tidak sekedar menjadi organisasi  pelen
gkap dalam perannya membangun daerah untuk mewujudkan bangsa yang sehat dan negara yang kuat. 
Kemudian rombongan  melanjutkan ke Dusun Tohulito, Desa Botubobungo, Molingkapoto  dan memancangkan slogan Gerakan Indonesia BerseRRi (GIB) oleh Ibu Laili M Nuh disaksikan oleh Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Djoko Muristo dan Bupati Grorontalo Utara Indra Yasin beserta jajaran terkait lainnya.
   
Selain itu SIKIB  juga memberikan bantuan SANIMAS (MCK)  melalui  Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat PPLP Satuan Kerja PPLP Strategis.  Direktur Pengembangan PLP, Kementerian PU, Ditjen Cipta Karya Ir.  Djoko Mursito, Dipl. SE, MM mengatakan, “SANIMAS merupakan program pemberdayaan yang membutuhkan peran serta masyarakat  dalam kelanjutannya.  SANIMAS di Desa Botubobungo diharapkan kepada masyarakat sekitar untuk dapat memanfaatkan, mengelolaanya dan menjaga fasilitas yang nantinya akan  dibangun,” katanya.

“ Bangunan SANIMAS ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat  dan tidak ada lagi yang BABS (Buang Air Besar Sembarangan), lingkungan menjadi sehat “, ujar Duta Sanitasi Provinsi Gorontalo Tahun 2012 di depan ibu-ibu SIKIB sebelum dimulainya acara peletakkan batu pertama.

Ibu Lies Djoko Kirmanto didampingi Direktur PPLP Kementerian PU Djoko Mursito dan ibu-ibu SIKIB melakukan peletakkan batu pertama pembangunan MCK di Dusun Tahulito, Desa Botugo Bungo, Kec. Kwandang, Gorontalo Utara. Pembangunan MCK tersebut sangat diperlukan karena buruknya sanitasi didearah tersebut, rata-rata masih belum mempunyai WC di rumah  dan masyarakat masih ada yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS). 

Diantara anggota SIKIB yang hadir pada acara ini yaitu Nini Dipo Alam, Rossi Apriyanto,  Carolina Kaluku,  Rosyida Indrayana, Violetta gusti Hatta, Adelina Mangindaan, Laili M. Nuh dan Hanna Fadel Muhammad didampingi Jajaran Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo dan Kabupaten, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin dan Pejabat daerah setempat,  Kasubdit,  Pengaturan dan Pembinaan Kelembagaan Dit. PPLP Ir. Emah Sudjimah, MT,  Asisten Deputi Perencanaan Perumahan  Swadaya,Dr.Eko Heripoerwanto.

Kegiatan akan berlangsung hingga Kamis (23/5/13), untuk mengunjungi sarana rumah pintar lainnya yang ada di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango. (sgrs)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)