Claudia-Fadhil Duta Sanitasi Sulsel

sigerus
0
MAKASSAR,FAJAR -- Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat, dua siswa sekolah menengah pertama (SMP) akhirnya terpilih sebagai wakil Sulsel pada pemilihan Duta Sanitasi 2013. Pemilihan tingkat nasional dipusatkan di Jakarta. Secara resmi, pemenang tingkat Sulsel diputuskan pada Jumat, 10 Mei.

Pada seleksi yang digelar 27 April lalu, Claudia Panglewai dari SMPK Rajawali, Makassar, berhasil tampil sebagai juara pertama kategori poster. Dia sukses mengumpulkan nilai tertinggi. Juara kedua dan ketiga pada kategori poster masing-masing disabet Syifaus Syanqiyyah H dari SMPN 1 Sungguminasa, Gowa, serta Brigita Maria Olivia Putri Suciadi dari SMP YPS Singkole, Sorowako, Luwu Timur.

Sementara untuk kategori karya tulis, juara pertama direbut Muhammad Fadhil Ismanda (SMP Negeri 1 Pangkajene). Juara kedua disandang Stevanni Manga (SMP Negeri 1 Tana Toraja), serta juara ketiga oleh Nurchalis Rasyid dari MTSN Model Makassar.

Seleksi Duta Sanitasi Sulsel 2013 diikuti 101 pelajar. Lomba tahunan dan dikhususkan bagi pelajar SMP ini digelar Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. Di Sulsel sendiri penyelenggaranya adalah Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Dinas Tata Ruang dan Permukiman.

Kepala Urusan Persampahan Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Sardjo, mengatakan tim juri yang terlibat dalam lomba ini adalah pihak-pihak yang mengerti tentang sanitasi. Dengan begitu, dipastikan cara penilaiannya akan benar-benar berwawasan lingkungan. "Juri ada dari Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, dari PPLP Sulsel, akademisi, perwakilan media, dan dari kalangan dunia kesehatan," kata dia.

Atas hasil seleksi tingkat Sulsel tadi, maka Claudia Panglewai dan Muhammad Fadhil Ismanda, selanjutnya bakal bertarung di tingkat nasional. Keduanya akan menghadapi Duta Sanitasi dari provinsi lainnya guna menyandang predikat Duta Sanitasi Nasional 2013. (yun)


sumber :http://www.fajar.co.id/read-20130510135921-claudiafadhil-duta-sanitasi-sulsel

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)