Penajaman Program Cipta Karya 2014

sigerus
0

Sebagai tindak lanjut Konsultasi Regional (Konreg) minggu lalu, Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan penajaman program 2014 untuk wilayah 1 di Batam, Senin (4/3). Penajaman program tersebut dipimpin langsung oleh Dirjen Cipta Karya Imam Ernawi dan dihadiri para pejabat eselon 2 di lingkungan Ditjen Cipta Karya.
Dalam arahannya Imam menjelaskan, terdapat beberapa hal penting dalam pembangunan Cipta Karya untuk skala kabupaten/kota di 2014. Pertama, kabupaten/kota strategis nasional yang diprioritaskan akan dilakukan penanganan terpadu pengembangan Bidang Cipta Karya (permukiman, PBL, air minum, PLP), baik pada tingkatan spasial kabupaten/kota maupun pada kawasan-kawasan strategisnya;
Kedua, pada kabupaten/kota dukungan pemenuhan SPM yang diprioritaskan, akan dilakukan pengembangan kapasitas/pembinaan pembangunan Bidang Cipta Karya untuk percepatan pemenuhan SPM kabupaten/kota, sesuai dengan kebutuhan sektoral yang diperlukan.
Ketiga, program/kegiatan pada tingkatan lingkungan/komunitas bersifat pemberdayaan masyarakat, dengan prioritas pemenuhan pengentasan kemiskinan, MDGs, dan kebutuhan sarana prasarana minimal Bidang Cipta Karya.
“TA 2014, prioritas wilayah kabupaten/kota selain berdasarkan prioritas kepentingan strategis nasional, juga dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran dan kesiapan program daerah,” kata Imam.
Desain program bidang Cipta Karya terbagi untuk kawasan, lingkungan dan pusat. Untuk entitas kawasan program yang masuk seperti SPAM di Rusunawa, SPAM di kawasan kumuh, air limbah komunal dan SPAM di kawasan pelabuhan dan nelayan untuk di perdesaan.
Untuk skala lingkungan, program yang masuk seperti; PNPM Mandiri Perkotaan, SANIMAS, 3R dan untuk perdesaan seperti PAMSIMAS, PPIP serta RIS PNPM. Untuk pemerintah pusat akan memberikan bantuan berupa dukungan manajemen. (dvt)

SUMBER : http://www.pu.go.id/site/view/6

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)